GuidePedia

0
Menteri Kehutanan Republik Indonesia Zulkifli Hasan saat menanam pohon Kelengkeng di halaman SMP Muhamadiyah Desa pasuruan Kecamatan Penengahan Lampung Selatan
Zulkifli Hasan - Tanami Lahan Kosong Dengan Pohon
KALIANDA - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengajak warga di Kecamatan Penengahan menanam pohon di lahan kosong dan sela-sela lahan perkebunan.
Pemanfaatan lahan kosong ini ungkap dia, harus segera dilakukan, agar kerusakan hutan Indonesia berkurang. Bahkan sambil menunjuk Gunung Rajabasa yang beberapa diantaranya gundul Zulkifli Hasan berjanji akan memfasilitasi warga dengan menyediakan bibit berbagai jenis pohon.



"Jangan biarkan di tempat kita ada lahan kosong melompong atau terlantar tanpa ada manfaat sama sekali bagi warga. Lihat di lereng Gunung Rajabasa ada lahan yang terlihat gundul, " kata Menhut, Zulkifli Hasan, saat berada di SMP Muhamadiyah, Kecamatan Penengahan Lampung Selatan , Senin (18/11/2013).

Menhut menegaskan , budaya menanam harus terus digalakkan terutama di lahan luar hutan kawasan. Penanaman pohon ini sangat penting untuk menjaga ekosistem yang sehingga tidak saling merusak. Ia bahkan menegaskan kebutuhan oksigen, air sangat ditentukan oleh keberadaan pohon.

"Semakin banyak pohon maka akan semakin banyak pasokan oksigen serta air bagi kebutuhan hidup, " ungkapnya.

Menurut menteri dari PAN  yang juga kelahiran Lampung Selatan itu warga yang memiliki lahan kosong harus segera mengembangkannya.  Ia berpesan tidak ada lagi lahan kosong dan terlantar.

Dalam kesempatan pembukaan perkemahan Hizbul Wathan Se-Kabupaten Lampung Selatan tersebut ia mengajak warga Hisbul Wathan menjadi pelopor penanaman pohon. Bahkan rencananya perkemahan yang diikuti ratusan siswa Muhamadiyah dari sekitar 25 sekolah tingkat SMP, SMA se Kabupaten Lampung Selatan itu akan melakukan penamanan sekitar 1000 pohon di areal sekitar SMP Muhamadiyah serta sepanjang Jalan Lintas Sumatera.

Post a Comment

 
Top