GuidePedia

0
Sekilas Ulasan Kepahlawanan Prajurit Topeng Keratuan Darah Putih - Kuripan, Kalianda, Lampung Selatan

Kutatap satu persatu 3 wajah topeng di atas sebuah tugu di Dermaga Bom, Kalianda. Ada 3 buah Tupping atau topeng dalam bahasa Indonesia. Yang pertama tupping berwarna merah dengan Hidung yang lebar melintang. Yang kedua tupping berwarna Biru dengan mulut yang miring sompel. Yang ketiga tupping berwarna putih, dengan wajah yg halus.

Apakah ini karya seni topeng biasa?

Tidak, topeng ini mempunyai arti dan kisah. Di Kalianda - Lampung Selatan, tradisi seni topeng 12 wajah tak lepas dari sejarah. Topeng yang terbuat dari kayu ini adalah simbol kekuatan dan perjuangan.
Keberadaan tupping ini adalah bagian dari sejarah keratuan Darah Putih yang turut berjuang melawan penjajah. Keratuan darah putih adalah keratuan di Lampung khususnya di desa Kuripan, Lampung Selatan, yang turut menyebarkan agama Islam. Keluarga keratuan yang diangkat menjadi pahlawan nasional adalah Raden Intan II atau dikenal juga dengan nama Khadin Itton Kesuma Khatu II (1834-1856).

Khadin Itton Kesuma Khatu II merupakan keturunan Fatahillah (Sunan Gunung Jati). Fatahillah menikah dengan Putri Sinar Alam. Salah satu keturunan Fatahillah adalah Ratu darah Putih yang menikah dengan Tun Penatih (dari Aceh). Khadin Itton I adalah anak dari Ratu Darah Putih. Khadin Itton Kesuma Khatu II adalah cucu dari Khadin Itton I. Yaitu putra tunggal Raden Imba II yang menikah dengan Ratu Mas. Ia lahir dan dibesarkan dalam masa perjuangan melawan belanda. Ia terkenal berjuang menentang Belanda, sampai akhirnya gugur sebagai pahlawan di usia muda dan belum menikah.
Tupping ini berkembang sebagai bagian dari bala tentara karatuan darah putih untuk melawan penjajah Belanda. Ialah Pasukan tupping 12 wajah.

Wajah 12 Pasukan Tupping

12 wajah topeng ini mempunyai karakter masing-masing. Topeng ini tak bisa di tambah, tak bisa dikurangi dan tak bisa di ubah bentuk karakternya. Bahkan jika dimainkan atau dipakai pun tak boleh oleh sembarang orang. Dulu saat melawan penjajah pasukan tupping ini bergerilya di daerah penugasannya masing-masing. Mereka menyamar, membuat kelucuan dan keributan untuk mengelabui musuh.

12 Tupping itu bernama :

  • Tupping Ikhung Tebak - Berhidung Melintang (Bertugas di Gunung Rajabasa oleh Kakhiya Jaksa Desa Kuripan)
  • Tupping Ikhung Cungak - Berhidung Mendongak ke atas (Bertugas di Tanjung Tuha oleh Kakhiya Khadin Patih desa Kuripan)
  • Tupping Luwah Takhing - Bertaring (Bertugas di Bagian Barat keratuan oleh Kakhiya Menanti Khatu desa Kuripan).
  • Tupping Banguk Bekhak - Bermulut Lebar (Bertugas di Keliling Gunung oleh Kakhiya Jaga Pamuk dwsa khuang Tengah)
  • Tupping Mata Sipit - Bermata sipit (Bertugas di Batu Payung oleh Tumunggung Agung Khaja desa Khuang Tengah)
  • Tupping Mata Kicong - Bermata Satu (Bertugas di Tuku Tiga oleh Kakhiya Sebuai desa Tettaan)
  • Tupping Ikhung Pisek - Berhidung Pesek (Bertugas di Sumur Kucing oleh Khaja Temunggung desa Tettaan)
  • Tupping Banguk Kicut - Mulut Miring (Bertugas di Gunung Kakhang oleh Ngabihi Paksi di desa Khuang Tengah)
  • Tupping Jangguk Khawing - Berjanggut Panjang (Bertugas di Sragi sampai Way Sekampung oleh Kakhiya Jaga Pati desa Kekiling)
  • Tupping Banguk Khabit - Bermulut Sompel (Bertugas di Gunung Cukkih oleh kakhiya Yuda Negara desa Kekiling)
  • Tupping Pudak Bebai - Berwajah perempuan (Bertugas di Tanjung Selaki oleh kakhiya Bangsa Saka desa khuang Tengah)
  • Tupping Mata Kedugok - Bermata Ngantuk (Bertugas di wilayah Timur oleh Kakhiya Sangunda desa Tettaan.

Sekarang ini, tupping bisa kita lihat jika ada kenduri atau haul keratuan darah putih, acara perkawinan, karya seni tari dan festival atau karnaval.

Apapun bentuk pagelarannya, hal itu supaya kita ingat jasa para pejuang, ingat jasa leluhur kita, menghormati kekayaan tradisi dan budaya kita. Untuk kita lebih bijak dan tidak sombong dalam berkehidupan.

Selamat Hari Pahlawan Buat Semua Pahlawan : Para Pahlawan Bangsa, Pahlawan Keluarga, Pahlawan Lingkungan, Pahlawan Kemanusiaan, Pahlawan Agama, Pahlawan Pendidikan, Dan Pahlawan-Pahlawan lainnya - Jasamu Sungguh Tiada Tara

Sumber : Steemit.com

Post a Comment

 
Top