GuidePedia

0
Menyingkap Pesona Alam Pesisir Kalianda
Bahwa Kabupaten Lampung Selatan memiliki garis pantai yang cukup panjang yang dimulai dan berdekatan dengan ibu kota kabupaten, Kalianda. 
Wilayah pesisir pantai Kalianda hingga sepanjang Kecamatan Rajabasa dan sekitarnya memiliki pesona pantai yang indah dan eksotis. 
Tidak hanya indah, lokasi garis pantai tsb juga memiliki beberapa titik akses langsung menuju ke cagar wisata yang menjadi situs international tourism, yakni Gunung Krakatau.

Pesona pantai wilayah pesisir sesungguhnya menyimpan potensi pengembangan wisata yang luar biasa. Air laut yang jernih; keindahan area pantai yang alami; kekayaan laut berupa ikan yang melimpah; banyaknya situs-situs wisata pantai yang bisa dikunjungi; keanekaragaman produk handycraft lokal yang unik dan bernilai seni tinggi; dll, seluruh potensi wisata lokal yang kaya ini menunggu ide dan tangan-tangan kreatif yang mampu mengelolanya secara maksimal.

Tidak hanya itu, secara kewilayahan lokasi wisata di pesisir Kalianda ini juga memiliki nilai geo-strategis yang tinggi. Kabupaten Lampung Selatan yang merupakan ‘serambi’ Sumatera menjadi tempat persinggahan pertama untuk arus transportasi darat dari arah Jawa; dan menjadi titik transit terakhir untuk arus transportasi darat dari arah Sumatera sendiri. Karenanya sebagai wilayah serambi ia bersifat strategis (sebagai gerbang penghubung Jawa – Sumatera) dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika mampu mengelola dan menjual beragam sumberdaya lokal di wilayahnya.

Nilai plus lainnya dari keunggulan geo-strategis wilayah pesisir Lampung Selatan adalah arah kebijakan pemerintah kabupaten yang juga bertitikberat pada pengembangan potensi wisata daerah. Saat ini berbagai situs wisata di wilayah pesisir Kalianda dan sekitarnya telah diidentifikasi melalui pemasangan plang-plang petunjuk lokasi wisata yang disediakan oleh Pemda. Hanya saja pengelolaan—khususnya—terhadap lokasi-lokasi wisatanya itu sendiri belum maksimal, baik dari segi infrastruktur /fasilitas pendukung kepariwisataannya, maupun pemberdayaan masyarakat sekitar

Post a Comment

 
Top