GuidePedia

0
Wisata Bahari dan Eksotisme Lumba-Lumba di Teluk Kiluan

Tanggamus - Keindahan dan pesona pantai di Indonesia bagai tak terbatas. Salah satunya adalah Teluk Kiluan yang berada di bagian selatan Lampung.

Dengan jarak hanya 80 km dari Kota Bandar Lampung, Teluk Kiluan relatif mudah untuk diakses, apalagi bagi Anda yang tinggal di Jakarta. Selain pantai yang masih bersih dan udara yang jauh dari polusi, Anda juga akan disambut dengan sekumpulan lumba-lumba yang sedang bermain di laut.

Jadi, mari tinggalkan pekerjaan anda sejenak, lupakan komputer atau laptop Anda, siapkan kamera dan segala perlengkapan liburan anda dan meluncurlah ke kepingan surga yang berada di selatan kota Lampung ini. Surga tersembunyi itu bernama kiluan, terletak di kabupaten Tanggamus propinsi Lampung.

Pertama-tama Anda bisa mencari pesawat dengan tujuan Bandar Lampung. Banyak pesawat yang menuju kesana dengan harga relatif murah karena Bandar Lampung sendiri memang cukup booming akhir-akhir ini untuk menjadi destinasi liburan, karena selain Teluk Kiluan masih banyak pantai-pantai lain berada disana. Kurang dari satu jam Anda sudah akan sampai di Bandar Lampung dan siap memulai petualangan Anda.

Untuk mencapai Teluk Kiluan, Anda masih harus naik mobil untuk menempuh perjalanan sekitar 80-90 km.

Oleh karena itu sebaiknya Anda melakukan pemesanan dimuka dari Jakarta untuk kendaraan guna memudahkan perjalanan Anda.

Jalan menuju Teluk Kiluan memang tidak terlalu jauh, namun jalanan yang rusak karena sebagian memang jalanan tak beraspal membuat jarak perjalanan terasa cukup jauh, kurang lebih akan memakan waktu sekitar tiga jam.

Tapi tenang saja, selama perjalanan Anda akan disuguhi dengan pemandangan bukit-bukit yang tentu saja lebih indah dari apa yang Anda lihat setiap hari di jalan-jalan Jakarta.

Jangan harap Anda menemukan hotel berbintang di Kiluan, karena untuk masalah akomodasi, Teluk Kiluan memang cukup terbatas.

Dalam area pulau Kiluan sendiri hanya terdapat satu rumah panggung yang disewakan dan memiliki empat kamar. Fasilitas yang diberikan juga sangat sedikit, bahkan listrik hanya tersedia dari generator sederhana dengan daya listrik yang terbatas.

Di daratan Teluk Kiluan juga terdapat beberapa homestay yang dikelola oleh warga setempat dan dengan fasilitas yang sedikit lebih baik.

Pilihan ada di tangan Anda, apakah Anda memilih untuk tinggal di tengah pulau yang sangat sederhana, namun ketika pagi datang langsung akan disambut dengan pemandangan pantai yang luar biasa indah atau memilih fasilitas yang relatif sedikit lebih baik di daratan Kiluan namun anda butuh waktu untuk bermain-main di pantai Teluk Kiluan. Kisaran tarif menginap per malam mulai dari Rp150.000 sampai Rp500.000.

Pantai di Teluk Kiluan dikenal dengan pasirnya yang masih putih dan bersih ditambah lagi dengan laut yang cukup tenang. Selain itu dengan menaiki perahu ke tengah laut pada pagi hari ditambah membayar Rp250.000 sampai Rp 300.000, Anda akan bertemu dengan banyak sekali lumba-lumba yang menari-nari di tengah laut.

Para lumba-lumba biasanya muncul di antara pukul 6 pagi hingga jam 9 pagi, maka bersiaplah untuk bangun sepagi mungkin, karena tentu saja melihat lumba-lumba yang banyak langsung di tengah laut bukan hal yang bisa Anda lakukan setiap hari, selain itu menikmati sunrise di tengah laut sambil menghirup segarnya udara pagi adalah hal yang tentu sangat langka bagi Anda.

Selain lumba-lumba, pemandangan laut di sekitar Teluk Kiluan sangatlah indah, laut yang sangat jernih dan bukit-bukit yang mengelilingi laut menjadi pemandangan yang langka, jarang untuk ditemui.

Jangan sampai lupa untuk membawa kamera, karena Anda pasti tergoda untuk mengabadikan keindahan laut di teluk Kiluan.

Oya, bagi Anda yang suka snorkling, tempat ini juga bisa menjadi surga bagi Anda, airnya yang jernih dan masih jauh dari sampah membuat area Teluk Kiluan menjadi tempat yang menyenangkan untuk snorkling.

Memang, tidak terdapat terumbu karang yang berwarna-warni seperti di Raja Ampat, namun aneka ikan-ikan laut yang cantik dan bintang laut akan menemani petualangan bawah laut Anda.

Ditambah lagi dengan pemandangan baik sunset maupun sunrise yang indah, hangat matahari akan menyelimuti Anda tanpa gangguan polusi dari banyaknya kendaraan.

Namun ada beberapa hal yang harus Anda catat sebelum memutuskan pergi ke Kiluan. Ya tempat ini sangat indah dengan laut yang masih belum banyak dirusak, namun resikonya tempat ini cukup terpencil.

Hal pertama yang Anda perlukan adalah senter, sebab penerangan di Teluk Kiluan masih cukup minim. Selain itu pastikan Anda membawa obat-obat keseharian Anda, termasuk tisu basah maupun cairan antiseptik, karena memang akses anda untuk mendapatkan barang-barang tersebut sangat sulit.

Anda juga perlu tahu bahwa sinyal untuk smaprthones sangat minim. Namun dengan segala resiko yang akan Anda hadapi, justru Anda akan mendapatkan liburan indah dengan suguhan alam Indonesia yang masih belum banyak diganggu turis dengan kebisingan dan sampah dimana-mana.

Lautan yang jernih, alam laut yang natural, hangatnya sinar matahari, dan tarian lumba-lumba, benar-benar kepingan surga di Indonesia.

Post a Comment

 
Top