GuidePedia

0
Karimun Wagon R Tampil Lebih Modis dan Lincah

BANDAR LAMPUNG : Sosok Suzuki Wagon R dianggap tepat karena tidak asing bagi konsumen lokal. Pada 2000, sosok Suzuki Karimun kotak begitu kondang di city car Indonesia yang notabene Wagon R di Jepang.

Kendaraan compact MPV yang mengusung tagline ‘Lebih dari Cukup’ ini diluncurkan dengan tiga tipe, yaitu GA, GL, dan GX. “Kesemuanya manual dan bermesin 1.000 cc bakal mengambil pasar mobil murah sebesar 20% secara nasional dan 26% untuk Lampung,” ujar Agustian Ferikles, general manager PT Persada Lampung Raya, selaku diler Suzuki Lampung, saat peluncuran di Chandra Tanjungkarang, Selasa (12/11).

Kehadiran Karimun Wagon R ini pun langsung direspons konsumen dengan adanya pemesanan yang telah mencapai 25 unit pada saat peluncuran di Lampung.

Secara nasional, menurut Reza Ramadhan, dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), produksi untuk Karimun Wagon mencapai 1.500/bulan dan pasar untuk Lampung paling tidak 50 unit setiap bulannya.

Adapun kelebihan dari kendaraan terbaru ini ketimbang kendaraan sebelumnya, menurut dia, terletak pada fitur andalan yang mengandung unsur super, seperti kabin yang lebih luas dan mampu dikendarai di medan jalan yang tidak bersahabat sekalipun. Juga di teknologi mesin yang lebih terbarukan dan lebih ringan.

Karimun Wagon R merupakan generasi terbaru dari Karimun sebelumnya sehingga pihak SIS masih tetap menggunakan nama besar Karimun yang sudah mendapatkan hati di masyarakat. Ada tiga tipe kendaraan yang diusung Karimun Wagon R, yakni GA (dilengkapi AC, immobilizer dengan 4 pilihan warna), tipe GL (AC, din car audio & 2 speakers, immobilizer, roof rails, aloy wheel, electric window central locking, dan 7 pilihan warna), serta tipe paling tinggi GX (AC, 2 din car audio & 4 speakers, security alarm, keyless entry, immobilizer, roof rails, alloy whell, electric window central locking, seat under tray, dan 8 pilihan warna).

Sementara soal harga, menurut Rudyanto Mulia, selaku operation manager Suzuki, Rabu (13/11), tipe GA dibanderol Rp80,9 juta, tipe GL Rp94,1 juta, dan tipe GX Rp104,2 juta. Untuk pembelian pun Suzuki memberikan tiga kemudahan, yakni DP Rp18 juta dengan angsuran mulai dari Rp900-an ribu/bulan, tenor kredit yang panjang atau bunga yang ringan.

"Konsumen bisa memilih sendiri. Bahkan, sejak diluncurkan hari ini hingga 17 November nanti, setiap pembeli akan mendapatkan kupon cabutan untuk mendapatkan aneka hadiah, mulai dari kamera Nikon hingga voucer belanja di Chandra," kata Rudyanto.

Tidak hanya itu, Suzuki juga menggandeng delapan lembaga pembiayaan, seperti BCA Finance, BII Finance, Mandiri Tunas Finance, Oto Multi Artha, Adira, Niaga Finance, Mega Central Finance, dan Panin Finance.

Test Drive
Saat peluncuran untuk wilayah Lampung pada 12 November lalu, Lampung Post ikut mencoba kendaraan imut ini. Sosok kompaknya langsung menyapa Suzuki Karimun Wagon R GX M/T. Headlamp begitu menarik perhatian, terutama kehadiran blue eyes pada bagian atas lampu depan di kedua sisinya.

Sosok lega dan andal masih melekat pada Wagon R. Posisi kokpit mampu mengakomodasi sosok tester yang berperawakan 181 cm. Jarak kaki ke dasbor juga terasa lega tanpa harus menekuk kaki. Pun kelapangan baris penumpang yang masih tega dijejali tiga penumpang dewasa.

Instrumen di dasbor langsung menyapa memberikan sejumlah informasi, seperti tachometer, spidometer, fuel indicator, immobilizer indocator, dan gear shift indicator. Fitur terakhir, gear shift indicator, cukup memberikan info berharga bagi pengemudi, yakni menginformasi saat yang tepat untuk mengoper persneling gigi naik maupun turun untuk kehematan bahan bakar. Kalau di kelas Ayla semacam sensor eco driving.

Suzuki masih membekali Wagon R dengan mesin K10B yang menjadi andalan mengusung city car berbobot 885 kg. Mesin K10B mampu menyemburkan tenaga 68 dk/6.200 rpm dan torsi 90 Nm/3.500 rpm. Setir yang sudah power steering ini terasa ringan serta mudah dalam mengoper persneling gigi.

Begitu juga saat di medan tanjakan dan tikungan di areal parkir Superstore Chandra Tanjungkarang, kendaraan ini langsam melaju. Suspensi empuk begitu terasa kru di dalam kabin, meski suspensi belakang agak keras. Toh secara keseluruhan suspensi terasa empuk.

Suzuki cukup percaya diri akan Karimun Wagon R, setidaknya Suzuki mempersiapkan secara matang untuk produk LCGC ini. Pertimbangan spesifikasi dan interior lapang, Wagon R menjadi kartu truf untuk proyek ini.

Post a Comment

 
Top